Powered By Blogger

Sabtu, 17 November 2012

KETIKA ORANG TUA TAK LAGI JADI MOMOK YANG MENAKUTKAN, SIAPA YANG SALAH ???


            Banyak kejadian dari kenakalan remaja yg kita liat saat ini,, bisa jadi ini masalah pergaulan mereka,, tapi tak mungkin pergaulan berpengaruh begitu besar terhadap prilaku mereka. Kembali pada diri anak itu sendri dan lingkungan keluarga mereka, perhatian orang tua terhadap prilaku anak sangat menjadi hal yg penting.
Bagaimana jadinya jika si anak tak lagi takut pada orang tua, mereka akan berbuat sekehendak hati, melanggar aturan yg telah ditetapkan, bisa dimulai dari lingkungan yang paling kecil, contohnya saja melanggar aturan keluar malam, sampai akhirnya melanggar aturan lalu lintas, melanggar aturan agama dan adat.
            Jika semua ini telah terjadi siapa yang harus disalahkan utk semua ini ?? si anak?? Lingkungan tinggal mereka?? Orang tua?? Ato bahkan gen yang mereka warisi dari keturunan keluarga yang tidak baik??
            Tak ada yg bisa disalahkan dan sudah pasti tak ada yg mau disalahkan,, karena ketika sianak mulai berprilaku berdasarkan ciri khas mereka,, orang lain akan bertanya siapa orang tuanya??
            Tapi begitu melihat perbedaan antara kebiasaan orang tua dengan prilaku anak, orang kembali bertanya siapa temannya? Dimana dy tinggal? Dsb yang mana dapat memberikan penjelasan ttg lingkungan tinggal si anak.
            Lalu orang2 akan mengklaim, oowh ternyata dy nakal karena berteman dengan si anu .. tapi mereka lupa menggabungkan semua peristiwa yg telah di alami si anak sehingga dy menjadi seperti itu.
Bisa jadi si anak berasal dari keluarga yang keliatannya baik, begitu dy berteman dengan si pembohong maka si anak akan berbohong,, dan orang lain tidak tahu ibu sianak sering membohongi suaminya..
Nah bingungkan mesti nyalahin siapa??
            Orang2 takkan tahu kalo ibu si anak adalah penipu ulung buat suaminya,, siapa yg akan tahu,, toh itu cuma rahasia si ibu yang hanya di ketahui suaminya, bahkan si anak sendiri pun takkan tahu kalo ibunya sering membohongi sang ayah,, tak mungkin pula seorang suami menjadikan istrinya sebagai bahan gunjingan yang handal..
Ehh udah kemana2 nehh ceritanya,, masa jd ngebahas urusan rumah tangga orang hohoo..
            Lalu jika kita mengatakan si anak nakal karena orang tua?? Orang tua yang baik tidak akan membiarkan anaknya mengetahui keburukan yang pernah dilakukannya,, apapun bentuknya, orang tua yang baik selalu ingin menjadi sempurna dimata anak2nya, apapun yang terjadi.
            Nah kembali ke si anak,, bagaimana jika si anak tak lagi takut pada orang tua mereka???
Mereka berani membantah apa yang dikatakan orang tua, sehingga orang tua tak lagi punya kemampuan untuk melarang si anak, sianak berkehendak semaunya,, bertindak semena-mena.
            Walopun sebenernya orang tua harusnya bukanlah menjadi momok yg menakutkan bagi si anak,, tapi si anak tetap harus patuh pada orang tuanya,, sehingga ada yg disegani setiap kali si anak bertindak,, jika ingin keluar malam si anak akan berpikir “boleh gag ya pulangnya malem2 ma ayah?”,, ato jika si anak terlibat pergaulan bebas, kenakalan remaja jaman sekarang, si anak harusnya mikir “ne malu2in nyak n bapak gw gag yah?”.
            Nnaahh mestinya keg gitu,, biar tercipta generasi bangsa yang bagus,, jangan bisanya cuma omong doang kalo kita orang berbangsa,, tapi orang tua ngomong gag pernah didengerin,, yang berlaku Cuma kata2 sendiri,, gimana mau maju kalo kek gitu..!!
            Ngeliat judul postingan w emg ngeri kalee yak hahaa,, pi maksudnya bukan gitu,, kesannya aja dibikin lebay, biasalahh,, jaman sekarang kalo gag lebay mana dilirik orang (hahaa dasar kurang lirikan).
            Pernah ne w jadiin status di fesbuk w,, awalnya seeh pengen liat comment orang yang pro ato malah jd bahan2 becandaan spt biasanya,, ehh malah yg ngoment orang yang berwibawa, arif n bijaksana gitu haha (maleset). Kepaksa deh w kebawa serius juga nanggepinnya. Pi ga pa pa jg seeh, skalian nambah ilmu w buat mahamin orang laen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar